Biro Khusus

Biro Khusus (Seksi Mahasiswa/Student Chapter) adalah suatu lembaga yang berada di bawah HMTG “dr.Bumi” UNSOED yang bersifat internal dan berkoordinasi dengan ketua himpunan serta mengikuti kebijakan ketua himpunan dalam keadaan tertentu.

Mengacu pada ART pasal 10, Biro Khusus diketuai oleh ketua Biro Khusus dengan tugas dan wewenang:

  1. Sebagai penanggung jawab atas Biro Khusus masing-masing.
  2. Menentukan fungsionaris sesuai kebutuhan Biro Khusus masing-masing
  3. Merumuskan dan membuat rencana kegiatan yang disesuaikan dengan Biro Khusus masing-masing.

Pada Teknik Geologi Universitas Jenderal Soedirman terdapat tiga (3) Biro Khusus (Student Chapter) yaitu: SM-IAGI, MGEI-SC, dan AAPG-SC

1. Seksi Mahasiswa - Ikatan Ahli Geologi Indonesia (SM-IAGI)

SM-IAGI atau Seksi Mahasiswa Ikatan Ahli Geologi Indonesia merupakan Student Chapter yang berhubungan dengan IAGI (Ikatan Ahli Geologi Indonesia). Organisasi ini merupakan wadah bagi mahasiswa yang mempelajari ilmu kebumian untuk memajukan, mengusahakan serta mengembangkan diri untuk bersaing di dunia global nantinya yang berpusat di Indonesia. SM IAGI sendiri dinaungi oleh lembaga yang bernama FGMI (Forum Geosaintis Muda Indonesia) yang merupakan anak organisasi dari IAGI dimana anggotanya adalah fresh graduate yang berkecimpung di dunia geosains.

2. Masyarakat Geologi Ekonomi Indonesia - Student Chapter (MGEI-SC)

MGEI-SC merupakan satu kelompok diskusi independent atau student chapter di luar Himpunan Mahasiswa Teknik Geologi (HMTG) “dr.Bumi” UNSOED, khususnya yang bergerak di bidang geologi ekonomi, mengenai dunia pertambangan mineral batubara yang berada langsung dibawah naungan MGEI pusat. Melalui MGEI-SC, para mahasiswa yang menjadi anggota akan difasilitasi agar mendapatkan pengetahuan lebih tentang mineral dan batubara. Hal ini direalisasikan dengan mengadakan diskusi-diskusi yang akan diisi langsung oleh pembicara yang berkompeten di bidangnya.

3. American Association of Petroleum Geologist - Student Chapter (AAPG-SC)

AAPG-SC merupakan organisasi yang berfokus pada dunia perminyakan, diharapkan dapat menggali pengetahuan yang lebih dalam tentang perminyakan, menjalin hubungan di industri perminyakan, dan membuka fokus jalur profesional ke bidang Minyak dan Gas Bumi untuk Teknik Geologi di Universitas Jenderal Soedirman. Selain tujuan internal tersebut, AAPG-SC memiliki tujuan eksternal untuk merambah dan mengenal dunia perminyakan internasional dan memiliki relasi internasional karena berpusat pada AAPG (American Association of Petroleum Geologist).